Tradisi Qurban ala SMAN 39

Halo Galaners!

Selamat datang di website SMAN 39, website ini adalah tempat kami berbagi berbagai macam kegiatan yang diadakan di SMAN 39 Jakarta dalam bentuk artikel. Untuk kalian yang ingin tahu kegiatan apa saja yang diadakan oleh SMAN 39 Jakarta, kalian bisa membaca artikel-artikel yang kami tulis, mulai dari program sekolah sampai acara yang diselenggarakan oleh SMAN 39 Jakarta dalam menyambut hari-hari besar Nasional.

Pada tanggal 1 September 2017, tepatnya tanggal 10 Dzulhijah seluruh umat muslim di Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha 1438 H. Hari Raya Idul Adha ini identik dengan kegiatan berkurban dan tentunya sangat ditunggu – tunggu oleh para penikmat olahan daging sapi dan daging kambing.

Pada tanggal tersebut, seluruh warga muslim SMAN 39 Jakarta berada di rumah untuk merayakan Hari Raya Idul Adha bersama keluarga. Waktu berkumpul bersama keluarga adalah waktu yang langka, tentu saja hal ini tidak akan dilewatkan oleh siapapun. Untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1438 H kali ini, keluarga SMAN 39 Jakarta ikut melaksanakan tradisi berkurban yang dilaksanakan pada hari Senin, 4 September 2017 dan dilaksanakan di SMAN 39 Jakarta.Hari Senin dipilih karena hari tersebut merupakan waktu yang masih diperbolehkan untuk memotong hewan kurban, yaitu tanggal 13 Dzulhijah. Sapi dan kambing yang dikurbankan berasal dari para guru serta siswa siswi SMAN 39 Jakarta.

Dua hari sebelumnya, yaitu tanggal 2 September 2017, Bapak Sudirman selaku ketua panitia pelaksanaan kurban kali ini menerima 2 ekor sapi, dan 1 ekor kambing yang akan dikurbankan pada tanggal 4 September 2017. Sapi – sapi ini atas nama guru – guru SMAN 39 sedangkan, kambing atas nama kelas X MIPA 3.

Pemotongan hewan kurban pada hari Senin bertempat di sisi kanan sekolah dan dimulai pada pukul 07.30 yang disaksikan oleh kepala sekolah, para guru, dan perwakilan siswa siswi kelas 10, 11, dan 12. Kegiatan dibuka oleh MC yang bertugas, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah. Kemudian laporan kegiatan oleh ketua panitia, Bapak Sudirman. Tak lupa sambutan dari Bapak Horale Tua Simanulang selaku kepala sekolah diikuti penyerahan simbolis hewan kurban kepada penjagal. Sebelum dimulainya pemotongan, pembacaan doa dilakukan dan terakhir ditutup oleh MC.

Prosesi pemotongan hewan kurban diiringi takbir memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H di SMAN 39 Jakarta. Setelah semua hewan kurban selesai dipotong, kini tugas para anggota Remaja Masjid serta OSIS dan MPK untuk membantu para guru agama membagi-bagikan daging. Teman – teman Galaners yang mendapatkan daging kurban tentunya adalah yang berhak menerima. Semoga di tahun yang akan datang kita dapat bersama – sama memeriahkan Hari Raya Idul Adha dengan penuh kebersamaan lagi!.

Rifka Charmelita (MADING 39)

The following two tabs change content below.

admin

Operator at SMAN 39 Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *