PERJUSA, PERSAMI DAN OPPK 2015

IMG_3311Perjusa(perkemahan Jumat-Sabtu), Persami(perkemahan Sabtu-Minggu) dan OPPK(Orientasi Pembentukan dan Pembinaan Karakter) merupakan kegiatan pengambilan nilai ekskul pramuka bagi siswa kelas X dan XI. Pengambilan nilai ini dilakukan pada akhir semester ganjil yaitu 4 s.d. 7 Desember 2015. Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap. Taha pertama Perjusa untuk siswa kelas XI. Kegiatan ini berlangsung dari 4 s.d. 5 Desember 2015. Tahap kedua Persami dan OPPK(untuk kelas XI). Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 s.d. 7 Desember 2015.  Kedua kegiatan ini berlangsung di grup 3 KOPASUS Cijantung.

Perjusa berlangsung setelah siswa melaksanakan UAS hari terakhir Jumat 4 Desember 2015. Para siswa harus melakukan registrasi pada pukul 13.00WIB. Registrasi berlangsung dengan tetib. Tepat pukul 14.00 para siswa melaksanakan upacara pembukaan sekaligus serah terima Pihak sekolah kepada KOPASUS. Selesai upacara para siswa bersama KOPASUS menuju tempat pembinaan  di grup 3 KOPASUS Cijantung. Di sinilah dibimbing dan dilatih  dengan tanggung jawab beberapa karakter, di antaranya : religius, disiplin, jujur, tanggung jawab, berani, dan kerja sama. Selain itu ada juga materi utama yaitu kepramukaan dan baris-berbaris. Kegiatan perjusa ini diakhiri dengan Api Unggun yang berlangsung dari pukil 21.00 s.d. 24.00 WIB. Inilah saat yang paling berkesan. Mereka secara berkelompok bergiliran menampilkan kreasi mereka.

 kegiatan kedua Persami dan OPPK berlangsung pada hari Sabtu s. d. Senin(5 s.d.7 Desemberr 2015 di tempat yang sama yaitu Grup 3 KOPASUS. Kegiatan ini merupakan pengambilan nilai ekskul wajib pramuka kelas X. Kegiatan tersebut pada dasarnya sama dengan Perjusa, hanya lebih ditekankan pada kedisiplinan. Kegiatan kedua ini berakhir Senin, 7 Desember 2015. Para siswa di antar kembali ke SMA Negeri 39 Jakarta.

The following two tabs change content below.

admin

Operator at SMAN 39 Jakarta

Latest posts by admin (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *