Salam Pemuda!

Salam sejahtera untuk kita semua. Disini penulis akan  kembali menjelaskan apa itu MPK.  MPK SMAN 39 Jakarta atau dikenal juga sebagai Majelis Perwakilan Kelas SMAN 39 Jakarta adalah organisasi siswa tertinggi yang ada di  SMAN 39 Jakarta.  MPK berkolaborasi secara aktif dengan organisasi siswa resmi lainnya yaitu OSIS.

Ini adalah lambang MPK SMAN 39 Jakarta. Tegas, Intelektif dan Berwibawa tersirat jelas di lambang ini, setiap aspek dari lambang ini punya artinya loh!

Palu       : Melambangkan MPK sebagai Pembuat Keputusan, ini adalah pelambangan MPK sebagai   pemilik tugas                         Yudikatif.

Sayap    : Melambangkan MPK sebagai Organisasi Tertinggi, MPK seperti yang dikatakan sebelumnya mengemban                     amanah sebagai organisasi siswa tertinggi di lingkungan sekolah.

Rantai   : Melambangkan setiap keputusan  yang MPK buat bersifat mengikat seluruh warga sekolah.

Dasar Hitam       : Melambangkan ketegasan MPK dalam mengambil keputusan.

Pita Biru               : Melambangkan ketenangan anggota MPK dalam mengahadapi setiap situasi dan kondisi.         

Fungsi MPK adalah “Menjembatani antara Pihak Sekolah,  Siswa,  Ekstrakurikuler ,  dan OSIS”.  Fungsi ini tentu aja tidak akan bisa terlaksana jika tidak ada kontribusi aktif dari masing-masing pihak yang terlibat.  Untuk mewujudkan fungsinya,  MPK dibekali oleh beberapa tugas nih, yaitu tugas Yudikasi,  tugas Aspirasi dan tugas keamanan, penulis jelasin.

1. Tugas Yudikasi

Apa itu tugas yudikasi MPK?  Tugas Yudikasi MPK artinya MPK sebagai lembaga yudikatif sekolah memiliki tugas untuk mengawasi,  Mengevaluasi serta membimbing OSIS guna meningkatkan kinerja OSIS.

2. Tugas Aspirasi

Tugas Aspirasi memiliki arti MPK bertugas menyalurkan segala jenis aspirasi dari Siswa guna kemajuan SMAN 39 Jakarta

3. Tugas Keamanan

Yang terakhir adalah Tugas Keamanan MPK, di tugas ini MPK bertugas untuk Menjaga situasi dan lingkungan sekolah supaya tetap kondusif, mencegah terjadinya tindakan negatif akibat ketidakpuasan terhadap kebijakan sekolah

 

Untuk menjalankan tugas-tugas ini MPK diamunisikan beberapa amunisi acara nih, antara lain

Sosialisasi MPK

di selenggarakan setiap awal tahun pembelajaran guna mensosialisasikan MPK dilingkungan SMAN 39 Jakarta.

Halo MPK

Halo MPK ini merupakan sebuah program yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga penyaluran aspirasi menjadi lebih mudah, cepat, praktis, dan efisien. Halo MPK ini berjalan secara kontinyu. artinya program ini tidak dilaksanakan pada waktu dan tempat tertentu. melainkan berjalan selama periode kepengurusan ini dan akan berlanjut sampai ke pengurusan berikutnya dan berikutnya. Halo MPK menyediakan 3 cara bagi para siswa untuk menyampaikan aspirasi, yaitu melalui official account MPK SMAN 39 Jakarta di @zvt8654o, lewat email di mpk39jkt@gmail.com dan bisa juga tatap muka langsung ke pengurus MPK.

Rapat Evaluasi Internal MPK-OSIS

Guna memberikan evaluasi kepada pengurus OSIS mengenai acara OSIS yang sudah dilaksanakan sehingga menjadi lebih baik kedepannya, semua evaluasi ini akan disatukan didalam satu buku arsip evaluasi yang disebut Buku Hitam.

Evaluatian Meeting (EM),

Dilaksanakan rutin dalam periode 3-4 bulan sekali, di EM ini OSIS serta seluruh eskul di SMAN 39 Jakarta memberikan laporan pertanggungjawaban-nya selama 3-4 bulan terakhir. EM ini dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan serta seluruh Pembina eskul di SMAN 39 Jakarta.

Forum Aspirasi(FORSI)

Di Forsi ini siswa SMAN 39 Jakarta dapat mengutarakan langsung keluhan serta aspirasinya selama berada di SMAN 39 Jakarta.

Sidang Akhir Tahun (SAT), di SAT ini OSIS memberikan laporan pertanggung jawaban mengenai 1 tahun masa jabatnya serta memilih ketua MPK selanjutnya, diakhir SAT akan ada pengesahan ketua OSIS terpilih dan ketua MPK terpilih.

 

 

Udah tau kan tugas,perangkat serta fungsi MPK? Sekarang kenalan yuk sama punggawa-punggawanya! MPK di SMAN 39 Jakarta hanya beranggotakan 4 orang, sedikit ya?  Karena MPK-OSIS SMAN 39 Jakarta percaya “Quality over quantity”. For your information, MPK-OSIS di SMAN 39 Jakarta itu hanya berjumlah 22 orang loh! Jumlah yang paling sedikit di wiliayah Jabodetabek, ke-22 orang tersebut adalah orang-orang yang dinilai memenuhi nilai kompetensi setelah masa kaderisasi selama 10 Bulan. Balik lagi ke MPK nya,  jika diurut menurut foto diatas(Kiri ke Kanan), MPK SMAN 39 Jakarta di punggawai oleh Hyuga Ammar Fariz selaku Sekretaris MPK, kemudian ada Muhammad Kholily selaku Wakil Ketua MPK, selanjutnya ada Daffa Aqilah Sofiyanselaku Ketua MPK dan terakhir ada Esther Dameria Nareswari Sihombing selaku Kepala Bidang MPK. Saat pelantikan,seluruh MPK-OSIS SMAN 39 Jakarta di sumpah terlebih dahulu untuk menjalankan amanah yang mereka tanggung sebaik-baiknya.

Keempat orang ini tidak hanya jago  berorganisasi loh, tapi diikuti juga oleh keahlian lainnya seperti Hyuga Ammar Fariz yang merupakan perwakilan SMAN 39 Jakarta untuk OSN Fisika, Muhammad Kholily yang merupakan seorang pengurus aktif di organisasi Remaja Mesjid Nurul Janah (RMNJ), Daffa Aqilah Sofiyan merupakan perwakilan SMAN 39 Jakarta untuk Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), dan Esther Dameria Nareswari Sihombing merupakan seorang pengurus aktif di Rohani Kristen (ROHKRIS) SMAN 39 Jakarta. Semoga Keempat pengurus MPK periode 2018/2019 dapat berkontribusi secara proaktif demi memajukan almamater kebanggan kita, SMAN 39 Jakarta.

SMAN39Fanspage